Membuat Surat
Lamaran Kerja
Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal
yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang
nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan
adalah sebagai berikut :
·
Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran kerja hendaknya
dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak
terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita secara menarik.
·
Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah surat lamaran kerja yg
ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui
lebih lanjut seperti apakah kriteria kita. Ingat kesan pertama sangatlah
penting.
·
Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.
Contoh prestasi kerja maupun
pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai
prestasi & pengalaman yg patut dipertimbangkan.
Gunakan bahasa yang enak dibaca,
ringkas dan padat.
· Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas.
Kita mempunyai kesempatan lain untuk
menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara.
Maka dari itu, untuk saat ini buat penjelasan yg singkat tetapi efektif.
·
Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.
Dalam surat lamaran kerja anda hindari
penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan,
ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi
adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara
berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis
seperti contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak
kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.
·
Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.
Sebaiknya pergunakan bahasa
Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama
jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus,
boleh saja membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan
sebuah nilai lebih bagi kita.
·
Tujuan dan alasan melamar kerja.
Pada surat lamaran kerja anda,
cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan yg sering
disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yg memadai
dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan bergabungnya kita ke suatu
perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yg berharga bagi perusahaan
tersebut.
·
Kerapihan surat.
Agar lamaran anda mudah dibaca
jangan menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari penggunaan
tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih, tidak kusut, tidak
tebal dan tidak mudah terkoyak.
·
Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika memungkinkan buatlah surat
dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar ditulis dengan tangan. Agar
diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak,
sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari
penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yg
tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New
Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal.
·
Pastikan untuk mencantumkan
keterangan pribadi anda,seperti:nama, alamat, telepon yang bisa dihubungi,
email,dll.
·
Tulis posisi yang hendak akan
anda lamar.
Jelaskan mengenai kemampuan,
pendidikan, pengalaman, atau alasan mengapa anda layak untuk mengisi jabatan
tersebut.
·
Kalau sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, cantumkan posisi anda dan tulis di perusahaan mana saja anda sudah bekerja.
Dibagian ini anda bisa menulis se-kreatif mungkin tentang kelebihan, dan pengalaman anda yang akan berguna pada posisi mendatang.
Dibagian ini anda bisa menulis se-kreatif mungkin tentang kelebihan, dan pengalaman anda yang akan berguna pada posisi mendatang.
·
Jelaskan tanggung jawab anda di
perusahaan sebelumnya, baik berupa penghargaan yang anda terima dan
prestasi yang membuat anda unik. Terangkan semuanya, tapi tetap jujur.
·
Tutup surat lamaran kerja anda
dengan satu paragraf kuat yang secara singkat merangkum skill dan kelebihan
yang anda miliki. Pastikan untuk berterima kasih kepada perusahaan atas
kesempatan yang diberikan untuk memperkenalkan diri anda.
Pastikan nada tulisan anda tidak terkesan 'memelas', dan tetap percaya diri.
Pastikan nada tulisan anda tidak terkesan 'memelas', dan tetap percaya diri.
Nah itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan.
No comments:
Post a Comment